by

Bagaimana Cara Pembuatan dan Manfaat Nata de Coco Kara

-Kuliner-3 views

Nata de coco kara – Nata de coco adalah hasil olahan dari bahan alami air kelapa yang sangat terkenal dan paling ampuh khasiatnya di Indonesia. Mulai tahun 1980-an nata de coco sudah mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat di Indonesia. Sampai saat ini produk hasil olahan air kelapa ini sangat digemari dan disukai oleh banyak orang di Indonesia, sehingga jangan heran jika nata de coco sangat mudah sekali dijumpai di setiap toko yang tersebar di Indonesia karena bisa dicampur dengan bahan lainnya untuk membuat olahan es krim, olahan sirup, olahan cocktail, dan makanan dan minuman lainnya. Air kelapa inilah yang menjadi bahan utama untuk membuat nata de coco. Air kelapa yang sudah tua yang memiliki kualitas bagus untuk menghasilkan nata de coco yang sangat baik. Air kelapa yang digunakan untuk membuat nata de coco ialah kelapa tua atau kelapa muda yang tidak bertunas. Air kelapa yang berasal dari buah kelapa asli yang masih terhitung sangat muda belum cukup mengandung banyak mineral yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan aktivitas bakteri Acetobacter xylinum. Air kelapa yang sudah telah bertunas dan mengandung banyak minyak yang sangat berlebihan yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri Acetobacter xylinum. 

Kualitas yang dihasilkan nata de coco baik apabila ditentukan oleh beberapa elemen yaitu seperti bahan baku, penambahan sumber nitrogen, penambahan sumber karbon, starter nata, wadah fermentasi dan sanitasi. 

Bahan baku nata de coco

Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat nata de coco dengan kualitas yang baik adalah dengan menggunakan air kelapa murni, dan jangan sampai tercampur oleh air atau kotoran lainnya. Air kelapa yang digunakan tidak harus yang masih segar namun yang penting tidak lebih dari 8 hari penyimpanan karena sifatnya nanti akan berubah sifatnya akan berakibat adanya fermentasi dan kontaminasi bakteri.

Sebagai sumber karbon

Gula jika dalam pembuatan nata de coco berfungsi sebagai salah satu sumber karbon atau energy. Semua jenis atau tipe gula dapat digunakan untuk membuat sumber karbon baik itu sebagai glukosa , sukrosa, maupun maltose. Adapun jumlah gula yang sangat dianjurkan sebanyak 2 % karena banyaknya penggunaan gula 2 % akan dapat menghasilkan rendemen nata de coco yang tidak jauh berbeda dengan penambahan 5 %.

Sebagai wadah fermentasi

Untuk bisa mendapatkan rendemen yang sangat tinggi sebaiknya dapat juga digunakan sebagai wadah yang berbentuk segi empat atau persegi atau nampan dengan ketinggian mencapai 5 cm sampai 10 cm sehingga menghasilkan permukaan yang cukup luas. Dan dapat menampung adonan yang banyak.

Sebagai sanitasi alami

Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan. Jika kita melakukan pola hidup bersih yang teratur maka  kita akan terjaga kesehatannya ya sobat dan terhindar dari penyakit. Termasuk juga kebersihan tempat, semua peralatan, bahan dan juga tempat produksi yang merupakan syarat mutlak untuk dapat mencegah terjadinya kontaminasi karena adanya bakteri Acetobacter xylinum sangat sensitive terhadap perubahan – perubahan sifat – sifat fisik dan kimia lingkungannya. 

Sumber nitrogen bagi tubuh

Nitrogen adalah salah satu bahan yang bisa merangsang pertumbuhan dan juga aktivitas bakteri  Acetobacter  xylinum . sumber nitrogen yang selalu digunakan adalah amonium sulfat (ZA) karena dengan mudahnya didapat dan sangat relatif murah. 

Teknologi yang digunakan untuk mengolah nata de coco adalah dengan menggunakan teknologi sederhana, namun dengan adanya proses pembuatannya terdapat beberapa titik kritis yang harus selalu dipantau dengan cermat dan saksama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed